loading...

BIOGRAFI J.K Rowling


photo J.K Rowling
image Wikia
Joanne Kathleen Rowling dilahirkan pada 31 Juli 1965 di Rumah Sakit Umum Yate luar Bristol, dan dibesarkan di Gloucestershire di Inggris dan di Chepstow, Gwent, di selatan-timur Wale. Ayahnya, Peter, adalah seorang insinyur pesawat di pabrik Rolls Royce di Bristol dan ibunya, Anne, seorang teknisi ilmu di departemen Kimia di Wyedean Komprehensif, di mana Joanne sekolah.

Joanne ingin menjadi penulis sejak kecil. Selama pertumbuhannya selalu dikelilingi banyak buku. "Saya hidup untuk buku, '' ia mengatakan. Dia menulis buku pertamanya pada usia enam tahun berjudul “Kelinci”. Menginjak usia 11 tahun, Joanne menulis novel pertamanya yang bercerita tentang tujuh berlian terkutuk dan pemilik berlian.

Joanne meninggalkan rumah pada usia delapan belas tahun untuk melanjutkan studi di universitas Exeter. Joanne menghabiskan waktu untuk membaca silabus Perancis dan Classics hingga melewati batas peminjaman, sampai akhirnya harus membayar denda £ 50 di perpustakaan kampus. Saling mengingatkan untuk banyak membaca bukanlah nasehat biasa. Terus menambah ilmu merupakan hal yang penting. Siapa yang menduga bagaimana di masa depan, ternyata silabus classics yang dibaca Joanne saat masih kuliah bermanfaat untuk menciptakan mantra dalam seri Harry Potter. Tapi beberapa merupakan bahasa Latin. Untuk memahaminya, Joanne kursus selama setahun di Paris. Dengan berbagi penginapan dengan orang Italia, Rusia dan Spanyol. "Saya tinggal di Paris selama satu tahun sebagai mahasiswa" post di twitter Joanne. "Ini salah satu tempat favorit saya di bumi."

Setelah lulus, Joanne pindah ke London dan bekerja dalam serangkaian pekerjaan, salah satunya sebagai peneliti di Amnesti International. "Tepat di kantor sederhana saya. Saya membaca secepat mungkin surat-surat dengan tulisan sangat kacau yang diselundupkan keluar dari rezim totaliter oleh laki-laki dan perempuan yang mengambil resiko akan dipenjara jika menyebarkan informasi ke dunia luar apa yang terjadi pada mereka. Keterlibatan kecil saya dalam kejadian itu adalah salah satu pengalaman yang paling rendah dan inspiratif dalam hidup saya. "

Joanne memiliki konsep tentang Harry Potter pada tahun 1990. Saat duduk di kereta yang perjalanannya tertunda dari Manchester ke London King Cross. Selama lima tahun ke depan, dia mulai memetakan semua tujuh buku seri.

Saat pindah ke utara Portugal untuk mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, semua catatan tentang konsep cerita Harry Potter dibawanya.

Joanne menikah dengan Jorge Arantes pada Oktober 1992. Putrinya lahir, Jessica Arantes, pada tahun 1993. Sayangnya pernikahannya harus kandas, Joanne kembali ke Inggris dan tinggal di Edinburgh. Putrinya ikut serta dalam kepindahannya bersama dengan tiga bab pertama Harry Potter dan Batu Bertuah.

Di Edinburgh, Joanane dilatih sebagai guru dan mulai mengajar di sekolah-sekolah, dan tetap terus menulis di setiap waktu luangnya. Setelah naskahnya berhasil diselesaikan. Joanneh mengirimkan tiga bab pertama ke sejumlah agen. Salah satu dari agen membalasnya ingin melihat sisanya. Joanne mengatakan itu adalah "surat terbaik yang pernah saya terima dalam hidup saya." untuk series Harry Potter dan Batu Bertuah berhasil terjual dan memperoleh keuntungan sebesar $4000.

Karirnya sebagai penulis semakin melejit. Tiga series Harry Potter yang berjudul Batu Bertuah, Kamar Rahasia, dan Tawanan Azkaban berhasil menembus 35 juta naskah dalam 35 bahasa, hingga memperoleh keuntungan kurang lebih $480.000.000 dalam masa tiga tahun. Saat Harry Potter dan Piala Api berhasil di terbitkan untuk kali pertamanya 5,3 juta eksemplar terjual, kemudian mendapat pesanan tambahan sebanyak 1,8 jutak eksemplar.

Mengusung Chris Columbus sebagai sutradara Harry Potter. Tahun 2001 berhasil mengisi layar lebar. Tidak kalah heboh dengan novelnya, mereka mendapat keuntungan sekitar 93,5 juta dolar AS.

J.K. Rowling telah menikah dengan Dr Neil Murray sejak tahun 2001. Mereka tinggal di Edinburgh dengan anak mereka, David (lahir 2003) dan putri, Mackenzie (lahir 2005).

Ingin mengenal lebih banyak tentang J.K Rowling. Anda bisa mengunjungi web resminya J.K Rowling . Untuk akun twitternya silahkan klik link ini J.K Rowling Twitter.

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga memberi inspirasi. Baca juga Bioragfi Dewi Lesatari (Dee)
BIOGRAFI J.K Rowling BIOGRAFI J.K Rowling Reviewed by Ai No Hikari on 6:19 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.